Senin, 08 Desember 2008

BERTOBAT ? SIAPA TAKUT?

Jangan Menunda Pertobatan
Bacaan Yoel 2: 12 – 27
"Tetapi sekarang juga," demikianlah firman TUHAN, "berbaliklah kepada-Ku dengan segenap hatimu, dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh."

Seorang pendeta muda tersontak kaget saat membaca SMS yang berbunyi demikian: “Bapak tidak usah berkunjung lagi ke rumah saya, apalagi mau mentobatkan saya. Tidak perlu. Sebab aktif di gereja justru akan menghambat karir saya. Boss saya tidak suka hal itu. Mungkin, kalau suatu saat nanti saya sudah pensiun, saya baru akan kembali aktif di Gereja”. Pendeta itu tidak berputus asa, ia selalu menelpon dan mengingatkan dengan berbagai cara agar jangan menunda pertobatannya. Sayang sekali usaha ini tidak membuahkan hasil. Tiga bulan kemudian, pada suatu sore, si pendeta tadi menerima telepon yang mengejutkan karena ternyata bapak tadi mengalami kecelakaan dan meninggal dunia seketika. Dia telah meninggal sebelum ia sempat menata hidupnya dalam pertobatan.
Yoel 2: 12 – 27 memberikan penegasan tentang perlunya pertobatan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan harus dilakukan dengan segera; jangan ditunda-tunda! . "Tetapi sekarang juga," demikianlah firman TUHAN, "berbaliklah kepada-Ku dengan segenap hatimu, dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh." (ay.12). Pertobatan memang tidak boleh ditunda-tunda lagi. Syukurlah bangsa Yehuda menanggapi dengan kesungguhan, sehingga kembali menerima berkat Tuhan.
Sekarang kita tahu, bahwa pertobatan adalah suatu kesempatan yang indah, yang perlu kita lakukan dengan segera dan jangan ditunda-tunda lagi. Ingat mumpung pintu tobat itu kini masih terbuka: maka marilah kita hidup dalam pertobatan di dalam dan bersama Tuhan.(LES)
JANGAN TUNDA LAGI, HIDUPLAH DALAM PERTOBATAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar